Selasa, 13 Desember 2011

Kopi Luar biasa / Extraordinary coffee

Ada berberapa kriteria Kopi Luar biasa menurut versi kami, termasuk kopi yang bercitarasa sangat tinggi dengan nilai cicip 9 atau diatas nilai rata-rata tertinggi, kopi langka dari wilayah penghasil kopi indonesia, kopi Jantan/peaberry yang didapat dari  sortiran batch kopi terbaik, kopi yang rasanya unik misalanya rasa pedas, mint atau lainya, kopi dari lahan super tinggi, kopi berukuran besar/jumbo dan lain lainnya, dengan kapasitas kecil dan musiman yang kami kategorikan sebagai kopi Luar Biasa. 
  • Kopi Lanang/Jantan (Peaberry)

    Semua jenis biji kopi mempunyai kopi Lanang, kopi yang bentuknya lebih bulat, karena satu dari dua bibit didalam buah kopi puso, sehingga tersisa satu benih yang menempati ruangan pada buah kopi.

    Tidak ada pohon yangn 100% memproduksi kopi Lanang, kopi lanang berkisar 3-30% dari produksi dan lebih banyak dijumpai pada kopi Robusta Jawa Timur dan Bali, selain genetika, salah satu penyebab adalah gizi atau irigasi yang tidak stabil, membuat pertumbuhan biji kurang sempurna.

    Kopi Lanang berbentuk bulat punya citaras lebih pekat dibanding  kopi gepeng karena nutrisi yang semula untuk 2 bibit dipakai oleh satu bibit. Selain bentuk bulat, dalam proses sangrai hasilnya lebih merata.

    Kopi Lanang juga dibedakan atas orgin, Gayo, Mandheling, Jawa, Bali, Toraja, Flores, Papua, dan lainnya.  
  • Kopi Super Keras / Super Hard Bean/SHB

    Disebut super keras karena memang isisnya lebih padat, karena letak geograhis yang sangat tinggi. Kopi Arabika umumnya ditanam wilayah tropis mulai dari ketinggian 1.000 diatas permukaan laut. Tetapi ada lokasi tertentu yang menanam kopinya pada ketinggian ditas 2.000m dari permuahan laut. Kita sebut jenis kopi ini SHB.
    Karena posisi yang sangat tinggi, melawan gaya gravitasi, sampai-sampai banyak buah-buahan di wilayah ini tidak bisa bebuah ata sangat jarang dan kecil buahnya.
    Kopi yang ditanam pada ketinggian diatas 2.000m cenderung padat isinya, tentu komponen aromatik yang terkandung didalamnya tumbuh dan terbentuk secara perlahan dan sangat padat. Melebih kopi Organik shade Grown.
    Belum ada data wilayah penghasil kopi SHB di pusat pusat penghasil kopi Nusantara, kecuali di Papua.
  • Kopi Super Rasa / Cup of Excellent

    Citarasa kopi akan berbeda beda walau dari kebun yang sama dan diolah oleh petani yang sama. Ini uniknya kopi.
    Dari sekian batch kopi yang kami belanjakan, tentunga ada batch tertentu pada musin tertentu mendapat predikat "Cangkir Terbaik", Kopi ini akan kami pisahkan sebagai kopi Super Rasa.
  • Kopi Unik

    Aroma dan Rasa kopi belum bisa di deskripsikan dengat tepat oleh ahli cicip maupun ahli kimia, karena masih banyak senyawa aromatik organik dalam kopi sangarai yang belum bisa didefinisikan. Citarasa kopi ibarat musik klasik yang tidak bosan bosan untuk didengar.
    Indonesia adalah negara sepuluh ribu pulau, dan mempunyai ekologi, geologi, antropologi, iklim yang bebeda antar pulau, tentu rasa kopi juga bebeda. Banyak kopi unik terdapat di bumi Nusantara. Ibarat buah durian, setiap pohon punya rasa berbeda!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar